Rabu, 15 Mei 2013

Others Techniques to Capture Tacit Knowledge


On-Site Observation (Protokol Aksi)
  • ü  Observasi dilakukan ditempat kerja
  • ü  Proses mengamati, menafsirkan, dan merekam perilaku ahli pemecahan masalah yang terjadi
  • ü  Dibandingkan dengan proses wawancara, pengamatan di lapangan membawa pengembang pengetahuan lebih dekat dengan langkah-langkah nyata, teknik, dan prosedur yang digunakan oleh ahli.


Kelemahan On_site Observation
  • ü  bahwa kadang-kadang beberapa ahli tidak suka diamati
  • ü  Reaksi dari rekan-rekan selama pengamatan dapat mengganggu
  • ü  Kerugian lain adalah akurasi / kelengkapan pengetahuan ditangkap melemah kesenjangan waktu antara pencatatan dan pengamatan.                                                                


Aktivitas Observasi Tugas :
Melakukan Observasi / pengamatan langsung ke lapangan dan responden terkait mengenai tema jurnal.
  • ü  Ke “ PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA”
  • ü  ke responden terkait ( Karyawan PT Rifan Financindo Berjangka),
  • ü  Diskusi dengan Pimpinan dan Karyawan sebagai pelaku utama.
  • ü  Pengamatan terhadap berbagai sudut pandang dari sisi psikologis,ilmu pengetahuan, limu pendidikan dan culture.

Capturing Tacit Knowlage


PENGARUH KOMPENSASI KETERLAMBATAN TERHADAP PENINGKATAN DISIPLIN KERJA KARYAWAN PADA  PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA “

Interview ( 10 Pertanyaan)
1.      Apakah Anda Pernah Terlambat Masuk kerja  ?
2.      Kira-kira dalam seminggu berapakali anda terlambat?
3.      Hal apa yang biasanya menyebabkan anda terlambat ?
4.      Apakah ada atasan anda yang memberikan kompensasi tertentu terhadap keterlambatan anda ?
5.      Jika ada, Berupa apa kompensasi tersebut ?
6.      Kompensasi apa yang menurut anda paling efektif untuk mengurangi keterlambatan?
7.      Apakah kompensasi tersebut memotivasi anda untuk tidak terlambat?
8.      Menurut Anda apakah kompensasi keterlambatan perlu diadakan?
9.      Mengapa perlu diadakan Kompensasi keterlambatan tersebut?
10.  Apakah kompensasi keterlambatan dapat berpengaruh terhadap tingkat kedisiplinan karyawan? Jelaskan !


Quisioner
1.      Apakah Anda Pernah Terlambat masuk kerja?
a.       YA                        b. Tidak                       c. Jarang          d. Sering
2.      Kira-kira dalam seminggu berapakali anda terlambat?
a.       1 kali         b. 2 kali                       c. 3 kali                        d. Lebih dari 3 kali
3.      Hal apa yang biasanya menyebabkan anda terlambat ?
a.       Malas         b. Kesiangan   c. Macet          d. Tidak ada kompensasi
e. Lainnya……….
4.      Apakah ada dosen yang memberikan kompensasi tertentu terhadap keterlambatan ?
a.       YA                        b. Tidak                       c. Jarang          d. Sering
5.      Jika ada, Berupa apa kompensasi tersebut ?
a.       Tidak diabsen
b.      Gaji dikurangi/potong gaji
c.       Denda
d.      Lainnya……..
Quisioner
Variabel Keterlambatan (X)
No
Indikator Variabel
STS
TS
RR
S
SS
1.
Penting diadakannya kompensasi keterlambatan





2. 
Keterlambatan berpengaruh terhadap proses kedisiplinan Karyawan





3
Semakin lama anda terlambat maka semakin sedikit nasabah yang anda dapatkan





4.
Sanksi Keterlambatan karyawan berpengaruh terhadap bonus gaji yang didapatkan





5
Sanksi Keterlambatan secara  terus-menerus akan diberhentikan  






Variabel Kedisiplinan (Y)
No
Indikator Variabel
STS
TS
RR
S
SS
1.
Absensi kehadiran menurut anda sangat penting dalam penegakan disiplin kerja






2. 
Bapak/Ibu harus hadir tepat waktu di kantor setiap hari jam kerja






3.
Bapak/ibu harus pulang dari kantor sesuai dengan jam kantor






4.
Bapak/Ibu harus melaksanakan tugas-tugas dengan tanggung jawab dan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.






5.
Bapak/Ibu selalu mengenakan seragam kerja sesuai hari yang telah ditentukan










Project Theme


“ SUMBER DAYA MANUSIA “
Yang terinspirasi dari 3 Jurnal, 1 buku, dan 1 thesis

 

Referensi

Judul Jurnal 1 “ Knowledge Management System Berbasis Kompetensi “

Judul jurnal 2 “ Pemodelan Pengaruh Knowledge Management Untuk Pengembangan Sumber Daya Manusia “

Judul jurnal 3 “  Penerapan Knowledge Management System  Berbasis Website CMS pada Divisi Produksi  CV. Indotai Pratama Jaya “

Judul Thesis  “  PENERAPAN KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM PADA PERUSAHAAN BISNIS KONSULTASI PT PIRAMEDIA SEJAHTERA ABADI (RED PIRAMID) “

Dan Buku “ Knowledge management System dengan Thema Sumber daya Manusia “



Team Project

Knowledge Map


Knowledge Map adalah sebuah pengetahuan yang di susun sehingga membentuk suatu system yang strategis dan sistematis sehingga menjadi sebuah pengetahuan transparasi sehingga mudah untuk ditransfer atau disebarluaskan.
Dimana kita dapat membuatkan sebuah Knowledge Mapnya sehingga memperumudah perusahaan dalam menentukan mana karyawan sesuai dengan skill masing masing , sehingga dapat membuat sebuah tim yang solid baik dari segi bertanya maupun menjawab sebuah tantangan yang ada dalam perusahaan.
- Knowledege Map lainnya
System yang baru berbasis web database, KnowledgeMap, adalah membuat proses lebih mudah. Database termasuk dokumen yang dibuat dimana pembuatan Knowledege map berupa handout, slide PowerPoint dan web link untuk mempermudah untuk mencari informasi.
Pemetan knowledge map cocok dilakukan terhadap tipe knowledge activities, karena knowledge map dilakukan berdasarkan fungsi kerja.
Dimana dalam membuat knowledge map ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya:
o Fokusnya harus ke area yang memang sangat membutuhkan knowledge secara intensif dimana fungsi kerja merupakan knowledge yang dibutuhkan secara intensif.
o Memetakah antara knowledge yang ada dengan para expert tersebut sesuai dengan bidang dan pemetaan pekerjaan di organisasinya.
o Sistem perlu menerapkan sistem index baik untuk asset (knowledgenya) maupun para pemiliknya (expert orangnya)
o disiapkan link disetiap area atau aplikasi dimana karyawan bekerja, sehingga kalau kesulitan bisa langsung terhubung dengan expert yang memang bisa membantu di organisasi.
o Diatur didalam data untuk knowledge map ini bisa terus terupdate secara desentralisasi sehingga tidak tergantung oleh pusat.
Knowledge map adalah cara pemetaan knowledge didalam perusahaan/organisasi berdasarkan keahlian yang dimiliki perorangan atau team, sehingga lebih memudahkan untuk melakukan pengelolaan knowledge didalam perusahaan/organisasi. Knowledge map juga membantu dalam knowledge identification.
Contoh : didalam penempatan karyawan baru yang sesuai dengan keahllian, menentukan seseorang yang pantas dalam memimpin perusahaan.
pengelompokan knowledge map itu ada ditipe knowledge activities karena menilai dari keahlian seseorang dengan melakukan pendekatan orang beraktifitas didalam struktur organisasi, dan lebih rinci dari knowledge yang ada di structural dengan begitu dapat diketahui keahlian dari seseorang dengan cara knowledge map